mengetahui hardware komputer

August 15, 2009 at 2:50 am Leave a comment

Salah satu aplikasi yang diperlukan ketika menginstall sistem operasi (Microsoft Windows, Linux) adalah Driver. Aplikasi/software ini berfungsi mengatur dan menghubungkan berbagai aplikasi sistem dengan hardware, sehingga kerja hardware yang tersedia menjadi optimal. Jika driver suatu hardware tidak diinstall, kemungkinan besar kinerja komputer menjadi sangat lambat. Sebagai contoh setelah menginstall Windows Xp, dan belum ada driver Video (VGA) maka untuk membuka tampilan akan tampak lambat sekali, apalagi untuk mengolah grafik. Beberapa hardware standard memang sudah disediakan dalam sistem operasi, seperti CDROM, Keyboard, Mouse, dan lainnya. Tetapi, driver untuk Chipset motherboard, Kartu Grafis (VGA), Kartu Jaringan sebagian besar harus diinstall sendiri. Untuk itu pastikan setelah menginstall Sistem Operasi, disiapkan CD Driver yang disertakan ketika membeli Motherboard.

Tetapi terkadang bagi yang memiliki komputer lama, atau driver CDnya sudah tidak ada akan kesulitan untuk menginstall driver yang diperlukan. Bisa saja mencari di Internet, tetapi apa yang akan dicari ? terkadang kita tidak tahu tipe hardwarenya. Maka salah satu tips untuk mengetahui hardware yang ada di sistem komputer kita adalah dengan software yang bisa mendeteksi jenis hardware. Salah satu software yang sangat bagus dan tersedia versi gratis adalah Everest. Dulunya software ini bernama AIDA32 yang juga masih bisa download dan cukup bagus digunakan. Everest memiliki keunggulan dibanding software sejenis, yang biasanya hanya bisa mendeteksi dari registry atau jika sudah diinstall drivernya. Everest mampu mendeteksi low-level hardware-nya, sehingga meskipun belum diinstall drivernya, kita bisa mengetahui jenis/tipe hardware yang terpasang.

everest home edition

Selain kemampuan mendeteksi harware berdasarkan informasi low-level hardware, tools ini memiliki berbagai fasilitas hebat lainnya, seperti :

  • Informasi DirectX termasuk fasilitas Direct3D acceleration
  • Diagnostics module untuk mempermudah troubleshooting
  • Memory benchmarking
  • Web links: IT portals, software dan driver download
  • Manufacturer links: product information, driver dan BIOS download
  • Hardware information database lebih dari 38000
  • Informasi Overclock
  • Tidak memerlukan installasi, sehingga bersifat portable.

Melihat fasilitas yang disediakan tersebut, maka software ini sangat bermanfaat, terutama bagi yang sering memperbaiki PC/hardware komputer, bagi yang ingin mengetahui dan mengupdate driver komputer yang dimiliki, maupun sebagai software utilities yang suatu saat mungkin sangat diperlukan.

Untuk Download Everest bisa dibuka disini :

Untuk Download AIDA32 ( versi lama Everest ) bisa dibuka disini :

Entry filed under: komputer science. Tags: .

pengingat Nama2 dunia IT paraban lauk!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Calendar

August 2009
M T W T F S S
« Dec   Jul »
 12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930
31  

Most Recent Posts


%d bloggers like this: